Skip to content

Cara Bermain Umpet Batu

Cara Bermain Umpet Batu

Cara Bermain Umpet Batu

Pada postingan pengeluaran sgp dan interqq.com kali ini, hal yang kita bahas cukup menarik, yakni permainan umpet batu dan bagaimana Cara Bermain Umpet Batu yang benar. Umpet batu sendiri menjadi sebuah permainan tradisional yang cukup digandrungi oleh anak-anak kecil, bahkan yang pra sekolah pun juga bisa memainkannya.

Nah, lalu apa sih permainan Umpet Batu ini?

Apa Itu Permainan Umpet Batu?

Dari namanya saja, sudah ketahuan kan apa itu Umpet Batu?. Yaitu sebuah permainan yang dimainkan oleh 2 kelompok. Salah satu kelompok akan bertindak sebagai pengumpet batu, dan satu lagi sebagai penebak dimana batu tersebut diumpetkan atau disembunyikan.

Untuk bermain umpet batu, dibutuhkan dua tim, dan masing-masing beranggotakan sama. Misalnya bagi tim pengumpet anggotanya ada 5, maka di tim penebak pun anggotanya juga harus sama agar adil.

Bagaimana Cara Bermainnya?

Cara bermain umpet batu cukuplah mudah. Pertama-tama 2 tim tersebut akan menentukan siapa yang jadi pengumpet dan siapa yang jadi penebak dengan suit ataupun batu kertas gunting. Jika tim sudah siap, kemudian tim pengumpet akan mengambil 1 batu dan berdiri di belakang teman-temannya yang berjejer. Umumnya, anak bertubuh paling kecil lah yang jadi penentu dimana batu akan diumpetkan diantara anggota yang lainnya. Sedangkan anak-anak dengan badan yang besar akan berjejer didepannya, agar tidak terlihat dimana diumpetkannya batu tersebut.

Lalu, tugas dari tim penebak adalah untuk menebak siapa yang saat ini memegang batu yang disembunyikan tersebut. Yang lucu disini adalah, ekspresi dari anak-anak tim pengumpet akan memberikan ekspresi yang meyakinkan bahwa dirinya adalah pemegang batu, namun sebenarnya bukan.

Lalu, tim penebak pun akan sedikit kebingungan dan saling beradu pendapat satu sama lain, sehingga keseruan permainan pun dapat terjadi. Jika salah dalam tebakan, tim penebak akan diberikan hukuman, misalnya saja dengan berjoget, atau dengan tertawa terbahak-bahak, ataupun hukuman ringan lainnya. Cukup asik kan sobat?, silahkan dicoba dirumah ya?, atau silahkan bermain dengan anak-anak anda agar hubungan orang tua anak terjalin dengan erat.